Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Menggunakan Media Powerpoint Pada Anak Kelompok A RA Roudhlotul Ibad Ngino Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017


Author (Penulis)

DWI HENI APRILIASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0236

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil penilaian pada kemampuan berbicara ditemukan permasalahan oleh guru. Permasalahan yang terjadi adalah anak kurang memperhatikan dan kurang percaya diri saat diminta bercerita, selain itu kurangnya minat tersebut dikarenakan guru belum menemukan media yang tepat serta kurangnya motivasi guru dalam kegiatan belajar mengajar. pada saat sebelum dilakukan tindakan dengan hasil sebagai berikut, dari 15 peseta didik, hanya 3 anak (20%) yang mendapatkan hasil penilaian ?4, kemudian 2 anak (13%) yang mendapatkan nilai ?3, sedangkan 7 anak (47%) mendapatkan nilai ?2 dan 3 anak (20%) mendapatkan nilai ?1. Masalah ini akan dipecahkan melalui penelitian tindakan kelas dengan penerapan media power point. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian model Kemmis), yang di dalam siklus atau putran terdiri atas empat komponen yang dilaksanakan secara bertahap. Keempat komponen tersebut adalah : (a) Perencanaan (planning), (b) tindakan (acting), (c) Observasi(observation), dan (d) refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik penugasan dan observasi, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Tindakan dinyatakan berhasil jika ketuntasan mencapai sekurang-kurangnya 75%. Hasil peneitian menunjukkan pada siklus pertama ketuntasan belajar anak mencapai 53% meningkat pada siklus 67% dan pada siklus III ketuntasan anak meningkat menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media Power Point dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok A di RA Roudhlotul Ibad Ngino Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima. Adapun saran bagi Kepala RA Roudhlotul Ibad Ngino Alangkah baiknya jika lembaga menyediakan fasilitas yang lebih beragam, terutama untuk meningkatkan kemampuan berbicara, misalnya media LCD, buku cerita sehingga anak termotivasi untuk mengembangkan kemampuan berbicaranya. Kata Kunci : Kemampuan berbicara, Media Power Point

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI