MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN LOTTO ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A RA KUSUMA MULIA BUKA AN KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SITI MUNFARICHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0234
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN LOTTO ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A
RA KUSUMA MULIA BUKA AN KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI
SITI MUNFARICHAH
NPM: 13.1.01.11.0234
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Drs. Kuntjojo, M.Pd., M.Psi.dan Linda Dwiyanti, M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Siti Munfarichah: Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Permainan lotto Angka Pada Anak Kelompok A RA Kusuma Mulia Buka An Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan kognitif khususnya mengenal bilangan 1-10 masih rendah. Dari peserta didik yang berjumlah 23 anak, hanya 39,13% anak yang mendapat nilai bintang 3 (BSH), 43,47% mendapat bintang 2 (MB), dan 17,40% mendapat bintang 1 (BB). Masalah ini akan dipecahkan melalui permainan lotto angka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui permaianan lotto angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A RA Kusuma Mulia Buka an Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?
Desain yang dipilih untuk penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A RA Kusuma Mulia Buka an Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Teknik penilaian menggunakan penilaian unjuk kerja. Hipotesis tindakan diuji dengan teknik deskriptif kuantitatif, dengan cara membandingkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 sebelum dan sesudah dilakukan tindakan dengan batas ketuntasan minimal 75%.
Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 56,53% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar, kemudian pada siklus II hasil yang di dapat meningkat menjadi 26,11%, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 91,30% telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui permainan lotto angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A RA Kusuma Mulia Buka an Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka peneliti memberikan saran dalam peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-10 yaitu hendaknya pihakkepala sekolah dan guru menggunakan media lotto angka dalam pembelajaran karena dengan media lotto angka dapat membantu mengembangkan kemampuan kognitif anak khususnya mengenal bilangan.
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10, Permainan Lotto Angka