MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-ARQOM BEDUG KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


Author (Penulis)

SITI NAFI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0233P

Abstract

Lemahnya kreatifitas guru menggunakan metode pembelajaran yang efektif dalam mengenalkan warna sehingga anak sulit untuk memahami warna dengan baik. Kelemahan-kelemahan tersebut sangat tampak pada perkembangan anak sebelumnya, sehingga mendorong peneliti untuk bisa memaksimalkan proses perkembangan potensi anak dengan dengan penerapan metode pembelajaran yang inovatif. Beranjak dari permasalahan yang telah dipaparkan diatas peneliti merasa tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang penerapan metode Eksperimen untuk meningkatkan mengenal warna anak TK Al-Arqom Bedug, oleh karena itu dalam penelitian ini penulis merumuskan judul “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dengan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A TK Al-Arqom Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri”.Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Al - Arqom Bedug sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilakukan di TK Al - Arqom Bedug Desa Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil penilaian anak didik yang mana pada tindakan Siklus I 20 % anak mendapatkan bintang 1, 46,67 % anak mendapatkan bintang 2 dan 33,36% anak mendapatkan bintang 3. Pada tindakan Siklus II 13,33 % anak mendapatkan bintang 1, 26,67 % anak mendapatkan bintang 2, 46,67 % anak mendapatkan bintang 3 dan 13,33 % anak mendapatkan bintang 4. Sedangkan pada tindakan siklus III 13,33 % anak mendapatkan bintang 2, 53,33 % anak mendapatkan bintang 3 dan 33,34 % anak mendapatkan bintang 4. Dari data yang diperoleh pada hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil Penilaian kemampuan mengenal warna mulai dari siklus pertama sampai dengan siklus ketiga. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi tindakan pembelajaran melalui metode eksperimen dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak di kelompok A TK Al Arqom Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, diterima. Saran untuk teman sejawat hendaknya didalam kegiatan belajar mengajar mengenal warna menggunakan metode eksperimen, karena metode eksperimen membantu anak untuk mencoba susuatu. Untuk kepala sekolah sebaiknya menggunakan metode eksperiman dalam kegiatan mengenal warna pada anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI