MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK A TK KANIGORO DESA KANIGORO KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
BINTANG JELITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0228P
Abstract
ABSTRAK
BINTANG JELITA: Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A TK Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, SKRIPSI, PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI 2013.
Kata Kunci : Motorik,Menggunting,Pola,dan Media
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya keaktifan dan semangat dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan guru kurang menarik minat anak. Dari gejala yang telah terjadi dapat disimpulkan rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah melalui kegiatan menggunting bentuk geometri dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus
anak melalui kegiatan menggunting bentuk geometri pada anak kelompok A TK Kanigoro Kecamatan Kras kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan : penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, refleksi.
Penerapan pembelajaran menggunting bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak yang ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar yang selalu mengalami peningkatan dalam setiap siklus.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
tindakan pembejaran melalui kegiatan menggunting bentuk geometri dapatdibuktikan kebenaranya untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok A TK Kanigoro Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.
Dari kesimpulan diatas disarankan kepada :
1. Diharapkan guru Taman Kanak-Kanak selalu berusaha untuk mengembangkan kreativitasnya, dan menggunakan kegiatan menggunting bentuk geometri dalam pembelajaran yang akan datang dan juga dalam membuat alat peraga yang lain dapat menarik perhatian anak atau mengembangkan teknik pembelajaran untuk meningkatkan proses dan hasil belajar anak didik di Taman Kanak-Kanak sesuai dengan tahap perkembangannya.
2. Diharapkan orang tua memberikan pendidikan kepada anak menganut prinsip bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain karena dunia anak adalah dunia bermain. Dengan media-media yang ada di rumah, seperti barang-barang yang ada di lingkungan sekitar, anak diajari menggunting sehingga dapat anak mengasah kemampuan motorik halus dan dapat mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi anak didik.