MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI DALAM MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PUZZLE BEBEK PADA ANAK KELOMPOK B TK GUPPI AL-IKHLAS DESA SUGIHWARAS KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
CHOLIDDIANA LUTH TRANSITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0225
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif pada anak didik masih sangat kurang. Hal tersebut disebabkan karena orangtua sibuk dengan pekerjaannya sendiri dan kurang memperhatikan anak. Salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan kognitif adalah melalui kegiatan mengenal bilangan dengan menggunakan media puzzle bebek. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui media puzzle bebek dalam kegiatan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok B TK Guppi Al Ikhlas Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok B TK Guppi Al Ikhlas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM (Rencana Kegiatan Mingguan), RKH (Rencana Kegiatan Harian), lembar penilaian lembar observasi aktivitas anak didik, lembar observasi aktivitas guru. Setelah dianalisis adalah adanya peningkatan baik dari segi proses kegiatan di sekolah menggunakan media robot sampah pada siklus I sebesar 20%, siklus II sebesar 66,66% dan siklus III sebesar 86,66%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Tindakan pembelajaran mengenal bilangan melalui media puzzle kelompok B TK Guppi Al Ikhlas Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.