MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI DALAM MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PUZZLE BEBEK PADA ANAK KELOMPOK B TK GUPPI AL-IKHLAS DESA SUGIHWARAS KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

CHOLIDDIANA LUTH TRANSITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0225

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif pada anak didik masih sangat kurang. Hal tersebut disebabkan karena orangtua sibuk dengan pekerjaannya sendiri dan kurang memperhatikan anak. Salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan kognitif adalah melalui kegiatan mengenal bilangan dengan menggunakan media puzzle bebek. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui media puzzle bebek dalam kegiatan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok B TK Guppi Al Ikhlas Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok B TK Guppi Al Ikhlas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM (Rencana Kegiatan Mingguan), RKH (Rencana Kegiatan Harian), lembar penilaian lembar observasi aktivitas anak didik, lembar observasi aktivitas guru. Setelah dianalisis adalah adanya peningkatan baik dari segi proses kegiatan di sekolah menggunakan media robot sampah pada siklus I sebesar 20%, siklus II sebesar 66,66% dan siklus III sebesar 86,66%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Tindakan pembelajaran mengenal bilangan melalui media puzzle kelompok B TK Guppi Al Ikhlas Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI