MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA NGADILUWIH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015
Author (Penulis)
BINTI YUNI FARIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0223P
Abstract
ABSTRAK
BINTI YUNI FARIDAH. “Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Melalui Penggunaan Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita Ngadiluwih Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Pada TK Dharma Wanita Ngadiluwih Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri kemampuan mengenal bilangan 1-10 pada anak kelompok A hasilnya masih rendah, hal ini diketahui dari kurangnya minat anak untuk berhitung anak tidak bisa mengurutkan dengan benar, urutan bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya. karena anak sering merasa bosan saat proses belajar berlangsung hal ini juga dikarenakan anak merasa bosan karena guru tidak menggunakan media apapun dalam kegiatan pembelajaran mengenal bilangan pada kelompok A..
Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Dharma wanita Ngadiluwih sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilakukan di TK Dharma wanita Ngadiluwih Desa Ngadiluwih Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.
Dari hasil penelitaian menunjukkan terjadi peningkatan hasil penilaian anak didik yang mana pada tindakan Siklus I 20 % anak mendapatkan bintang 1, 53,33 % anak mendapatkan bintang 2 dan 26,67% anak mendapatkan bintang 3. Pada tindakan Siklus II 13,33 % anak mendapatkan bintang 1, 26,67 % anak mendapatkan bintang 2, 40 % anak mendapatkan bintang 3 dan 20 % anak mendapatkan bintang 4. Sedangkan pada tindakan siklus III 20 % anak mendapatkan bintang 2, 33,33 % anak mendapatkan bintang 3 dan 46,67 % anak mendapatkan bintang 4.
Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang dilakukan, terjadi peningkatan dari setiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media kartu angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal bilangan 1 – 10 siswa dikelompok A TK Dharma Wanita Ngadiluwih Desa Ngadiluwih kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi tindakan pembelajaran melalui kegiatan media dengan kartu angka dapat dibuktikan kebenarannya dalam upaya peningkatan kemampuan kognitif siswa dikelompok A TK Dharma Wanita Ngadiluwih Desa Ngadiluwih Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, diterima.
Disarankan bagi para pendidik anak usia dini untuk melakukan kegiatan bermain dalam kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan kognitif. Dengan bermain anak-anak lebih senang melakukannya tanpa paksaan dan materi kegiatan dapat tersampaikan dengan baik pada anak