Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

SITI MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0221

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA WONOREJO KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SITI MUNAWAROH NPM: 13.1.01.11.0221 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Drs. Kuntjojo, M.Pd.,M.Psi. dan Linda Dwiyanti, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Siti Munawaroh: Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Penelitian ini dilatar belakangi masalah berupa belum berkembangnya kemampuan berbahasa khususnya berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Wonorejo Puncu. Dari peserta didik yang berjumlah 15 anak, hanya 33,33% anak yang mendapat nilai bintang 3 (BSH), 40% mendapat bintang 2 (MB), dan 26,67% mendapat bintang 1 (BB). Masalah ini akan dipecahkan melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri? Desain yang dipilih untuk penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Wonorejo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Teknik penilaian menggunakan penilaian unjuk kerja. Hipotesis tindakan diuji dengan teknik deskriptif kuantitatif, dengan cara membandingkan kemampuan berbicara sebelum dan sesudah dilakukan tindakan dengan batas ketuntasan minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 46,67 dari 15 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang di dapat meningkat menjadi 66,67%, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 86,67% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Wonorejo Kecamatan Puncu Tahun Pelajaran 2016/2017. Maka hipotesis di terima. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka peneliti memberikan saran dalam peningkatan kemampuan berbicara yaitu hendaknya guru menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran karena dengan media gambar seri dapat membantu meningkatkan perkembangan bahasa anak khususnya berbicara. Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Bercerita, Media Gambar Seri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI