MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK MELALUI METODE KINESTETIK PADA ANAK KELOMPOK B TKIT NURUL ISLAM PELEM KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

DINA NUZULUL RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak Kelompok B TKIT Nurul islam Pelem dalam menghafal surat pendekatan Penelitian Tindakan Kelas model John Elliot yang dilaksanakan d dimana dalam setiap siklus dilaksanakan lima tindakan dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik unjuk kerja dan observasi. Teknik analisis data yang digunak cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil analisis data menunjukkan setelah dilakukan tindakan tiga siklus ketuntasan belajar mencapai 83,3%. Angka ini lebih besar dari ketuntasan se untuk norma pengujian yaitu 75%. Artinya hipotesis tindakan dinyatakan diterima dan kesimpulannya metode kinestetik dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem.Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran bahwa metode kinestetik dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu pilihan alternatif cara untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal surat Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak Kelompok B TKIT Nurul islam Pelem dalam menghafal surat-surat pendek, dengan metode kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas model John Elliot yang dilaksanakan d dimana dalam setiap siklus dilaksanakan lima tindakan dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik unjuk kerja dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil analisis data menunjukkan setelah dilakukan tindakan tiga siklus ketuntasan belajar mencapai 83,3%. Angka ini lebih besar dari ketuntasan sebelum dilakukan tindakan dan lebih besar dari angka yang dipakai untuk norma pengujian yaitu 75%. Artinya hipotesis tindakan dinyatakan diterima dan kesimpulannya metode kinestetik dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat KIT Nurul Islam Pelem.Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran bahwa metode kinestetik dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu pilihan alternatif cara untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafal surat-surat pendek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak Kelompok B TKIT Nurul islam Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas model John Elliot yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimana dalam setiap siklus dilaksanakan lima tindakan dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik an adalah deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil analisis data menunjukkan setelah dilakukan tindakan tiga siklus ketuntasan belajar mencapai 83,3%. Angka ini belum dilakukan tindakan dan lebih besar dari angka yang dipakai untuk norma pengujian yaitu 75%. Artinya hipotesis tindakan dinyatakan diterima dan kesimpulannya metode kinestetik dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek KIT Nurul Islam Pelem.Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran bahwa metode kinestetik dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu pilihan alternatif cara untuk

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI