MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KUBUS PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH V KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0212P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan penilaian Kelompok A TK Aisyiyah V Kota Kediri yang belum sesuai dengan harapan guru. Dari 22 anak yang dinyatakan tuntas dalam pengembangan kemampuan kognitif hanya 13,6%. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penggunaan media kubus dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak Kelompok A TK Aisyiyah V Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Aisyiyah V Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian kemampuan anak yaitu lembar observasi aktifitas anak dan lembar observasi aktifitas guru. Hasil penilaian anak pada kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media kubus dari setiap aspek yang diamati pada siklus I dengan nilai 50%, pada siklus II dengan nilai 68%, dan siklus III 82%. Dan dapat dinyatakan bahwa kemampuan mengenal bilangan melalui media kubus pada anak kelompok A TK Aisyiyah V Kota Kediri sudah berhasil Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang bilangan meningkat setelah guru menggunakan media kubus dalam kegaitan pembelajaran. Meningkatnya kemampuan mengenal lambang bilangan dapat bersumber dari proses belajar yang optimal melalui penggunaan media kubus angka. Saran dalam penelitian ini diantaranya dalam proses pembelajaran, guru diharapkan dapat memanfaatkan berbagai media pembelajaran sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan anak, mengkonkritkan verbalitas pada anak, khususnya kemampuan kognitif. Pihak lembaga dan Kepala Sekolah hendaknya dapat menyediakan media pembelajaran edukatif bagi anak yang dapat mendukung proses pembelajaran dalam upaya mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan tahapan usianya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI