MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP WARNA SEKUNDER MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A-3 TK AL-HUDA KECAMATAN KOTA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Author (Penulis)
EVY FAUZIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0210P
Abstract
Penerapan metode eksperimen dalam mengembangkan pemahaman konsep warna sekunder pada anak kelompok A-3 bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep warna sekunder pada anak sejak dini.
Pembelajaran menggunakan metode eksperimen sangat mengasyikkan karena anak melakukan praktik secara langsung untuk mengeksplore dan menemukan sendiri hasil kegiatan pembelajarannya.Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep warna sekunder anak meningkat, Hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 33% yang dikategorikan kurang, siklus II meningkat menjadi 60% yang dikategorikan cukup dan meningkat menjadi 87% yang dikategorikan baik pada siklus III.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan metode eksperimen dapat mengembangkan pemahaman konsep warna sekunder pada anak Kelompok A-3 TK AL HUDA Kecamatan Kota Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015