MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PAPER QUILLING PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM TERPADU EMPAT MEI KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

MELANI WULANSARI DYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0209P

Abstract

Program pendidikan untuk anak TK harus menyenangkan bagi peserta didik selaku pelaku. Pelanggaran terhadap prinsip-prinsip tersebut akan berakibat buruk bagi anak, seperti perasaan bosan, melelahkan, dan kehilangan minat belajar. Anak adalah harapan masa depan orang tua, bangsa dan agama maka, senantiasa harus mandapat perhatian dan bimbingan dengan metode yang sesuai dengan perkembangan anak, karena metode dalam pendidikan merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan dan juga sarana dalam mencapai tujuan Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat diidentifikasikan bahwa kemampuan motorik halus anak sangat rendah, yang disebabkan karena kurang menariknya metode dan media pembelajaran yang disajikan oleh guru untuk menarik minat anak dalam belajar sehingga hasil belajar anak belum sesuai dengan kemampuan yang diharapkan. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan Kegiatan bermain paper quilling dengan media “PAPER QUILLING” guna mengembangkan motorik halus anakPermasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui Metode Bercerita Melalui Pohon Hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini di TK “Empat Mei” Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Sasaran penelitian ini adalah anak Kelompok B TK “Empat Mei” Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Dari hasil analisis didapatkan hasil Peningkatan aspek kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Islam terpadu Empat Mei Pare Kabupaten Kediri sebelum dilakukan tindakan relatif rendah, hanya mencapai 23,5% dari jumlah anak sebanyak 17 atau hanya 4 anak yang dapat mencapai target ketuntasan belajar. Dan mulai numpak terjadi peningkatan setelah dilakukan tindakan peneletian kelas melalui kegiatan bermain paper quiling membuat bentuk bunga, daun dan pot bunga Kesimpulan dalam penelitaian ini adalah Dari siklus I sampai siklus III dari 17 anak yang mencapai tuntas sebanyak 16 anak sehingga dapat dikatakan bahwa kegiatan berjalan dengan baik dan sudah memenuhi target pencapaian sebesar 94%. Berarti tindakan guru berhasil dengan demikian hipotesis tindakan diterima Kata Kunci : Kegiatan Bermain Paper quilling

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI