Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Pemberian Tugas dengan Media Papan Lotto pada Anak Kelompok B PAUD Amaliyah Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DWI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0205

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA PAPAN LOTTO PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AMALIYAH TULUNGREJO KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DWI LESTARI NPM: 13.1.01.11.0205 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Intan Prastihastari Wijaya, M.Pd.,M.Psi dan Widi Wulansari, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan berbahasa khususnya membaca masih rendah. Hal ini dikarenakan guru hanya menerapkan metode ceramah sehingga belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode pemberian tugas dengan media papan lotto dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B PAUD Amaliyah Tulungrejo Kec amatan Pare Kabupaten Kediri?” Sedangkan tujuan diadakan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca anak kelompok B PAUD Amaliyah Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sebelum dan sesudah tindakan berupa penerapan metode pemberian tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Amaliyah Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, dan lembar penilaian unjuk kerja anak. Dokuumentasi yang digunakan berupa foto kegiatan, sedangkan teknik penilaian yang digunakan adalah unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah 1) ketuntasan pada pra tindakan masih sangat rendah dengan nilai ketuntasan sebesar 26,67%. 2) penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, pada siklus 1 sebanyak 46,67% dari 15 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, sedangkan 53,33% belum memenuhi kriteria ketuntasan. Hasil pada siklus II mencapai 66,67% , dan yang belum tuntas sebanyak 33,33%. 3) Pada siklus III sebesar 86,67% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. 4) Kemampuan membaca pada anak sebelum dan setelah tindakan mengalami peningkatan secara signifikan yaitu sebesar 60%, sehingga dapat dilihat adanya peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dengan menggunakan media papan lotto dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B PAUD Amaliyah Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dan hipotesis diterima. Kata kunci: Kemampuan membaca, Metode pemberian tugas, Media Papan Lotto

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI