MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA SIDOMULYA I KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
MIFTAHUL BADIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0203
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI
METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA SIDOMULYA I KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MIFTAHUL BADIAH
NPM: 13.1.01.11.0203
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Intan Prastihastari Wijaya, M.Pd.,M.Psi. dan Widi Wulansari, M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan berbahasa khususnya menyimak masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelumnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan menyimak pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulya I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri?”. Sedangkan tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan menyimak anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulyo I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri sebelum dan sesudah diadakan tindakan berupa penerapan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulyo I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Instrumen penelitian menggunakan RPPM dan RPPH, serta dokumentasi berupa foto kegiatan, sedangkan teknik penilaian yang digunakan adalah penugasan.
Hasil penelitian pada siklus 1 sebanyak 55,56% dari 18 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, sedangkan 45,44% belum tuntas. pada siklus II mencapai 66,67% yang telah memenuhi kriteria ketuntasan sedangkan 33,33% belum tuntas. Pada siklus III mencapai 94,44% dari 18 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. dengan demikian dilihat adanya peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan menyimak anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulyo I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: Kemampuan menyimak, Metode bercerita, media boneka tangan