MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN KERJA BAKTI DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ROBOT SAMPAH PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA DESA JARAK KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
UMMAMI NUR LAILA ULFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0202
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan sosial emosional di lingkungan sekolah pada anak didik masih sangat kurang. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya contoh dan panutan dari orang-orang yang ada didekatnya. Salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional dalam kegiatan kerja bakti di sekolah adalah melalui media robot sampah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui media robot sampah dalam kegiatan kerja bakti di sekolah dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelompok A TK Kusuma Mulia. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian lembar observasi aktivitas anak didik, lembar observasi aktivitas guru.Setelah dianalisis adalah adanya peningkatan baik dari segi proses kegiatan di sekolah menggunakan media robot sampah pada siklus I sebesar 33,33%, siklus II sebesar 73,33% dan siklus III sebesar 93,33%.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Tindakan pembelajaran melalui kegiatan kerja bakti di sekolah menggunakan media robot sampah dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Desa Jarak Kecamatan PlosoklatenKabupaten Kediri dapat diterima.