MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN BOWLING PADA KELOMPOK A PAUD FAJAR MULIA KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

ELVA DWI APRILIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0201

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan di PAUD Fajar Mulia Kecamatan Plemahan. Peneliti menemukan adanya masalah yaitu rendahnya kemampuan anak didik belajar mengenal lambang bilangan atau angka. Hal ini disebabkan karena pengajaran yang disajikan kurang menarik dan alat peraga yang sangat minim, sehingga dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru dan anak didik kurang semangat, anak cenderung bosan dengan tugas yang diberikan akibatnya proses KBM terhambat dan kurang maksimal. Permasalahan pada penelitian ini adalah: ?Apakah pembelajaran melalui permainan bowling botol dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini di Paud Fajar Mulia Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016 / 2017?? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalan anak kelompok A PAUD Fajar Mulia Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Instrumen penilaian dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi guru, dan lembar penilaian anak. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data berupa foto-foto kegiatan dan teknik penilaian yang digunakan adalah unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah (1) pada pra siklus masih sangat rendah dengan nilai ketuntasan sebesar 31,25%. (2) Peneliti melakukan tindakan melalui permainan bowling sebanyak 3 siklus. (3) Peneliti mengumpulkan data kemampuan mengenal angka selama tindakan dengan hasil siklus I nilai ketuntasan sebesar 37,5%, siklus II sebesar 50%, siklus III nilai sebesar 81,25%. (4) Kemampuan mengenal angka sebelum dan setelah adanya tindakan mengalami peningkatan yaitu sebesar 50%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa dengan metode permainan bowling dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka anak kelompok A PAUD Fajar Mulia Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI