MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJAHIT BERVARIASI 15 LUBANG DENGAN MEDIA TALI ENCENG GONDOK PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AISYIYAH 1 KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NOR AININ
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0200

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan di PAUD Aisyiyah 1 Kecamatan Badas. Peneliti menemukan adanya masalah yaitu rendahnya kemampuan anak didik dalam motorik halusnya dalam hal menjahit. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seperti penyajian materi yang kurang menarik dan alat peraga yang minim, sehingga dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) guru dan anak didik kurang begitu semangat, anak cenderung bosan dengan tugas dan guru cenderung monoton dalam pemberian materi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses kerja 3 siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II, siklus III. Subyek peneliti adalah guru dan 14 anak kelompok B PAUD Aisyiyah I Canggu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi penilaian anak, dan lembar observasi guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan kegiatan menjahit bervariasi 15 lubang menggunakan media tali eceng gondok dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak kelompok B PAUD Aisyiyah I Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI