MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJAHIT BERVARIASI 15 LUBANG DENGAN MEDIA TALI ENCENG GONDOK PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AISYIYAH 1 KECAMATAN BADAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
NOR AININ
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0200
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan di PAUD Aisyiyah 1 Kecamatan Badas. Peneliti menemukan adanya masalah yaitu rendahnya kemampuan anak didik dalam motorik halusnya dalam hal menjahit. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seperti penyajian materi yang kurang menarik dan alat peraga yang minim, sehingga dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) guru dan anak didik kurang begitu semangat, anak cenderung bosan dengan tugas dan guru cenderung monoton dalam pemberian materi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan proses kerja 3 siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II, siklus III. Subyek peneliti adalah guru dan 14 anak kelompok B PAUD Aisyiyah I Canggu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi penilaian anak, dan lembar observasi guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan kegiatan menjahit bervariasi 15 lubang menggunakan media tali eceng gondok dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak kelompok B PAUD Aisyiyah I Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.