MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK POS PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A RA ASSYAFIYAH JARAK KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
SAMROTUL WAQIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0193
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A RA Assyafiyah Jarak Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah “Dapatkah mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media kotak pos pada anak-anak kelompok A RA Assyafiyah Jarak Kabupaten Kediri?” Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan setelah dilakukan tindakan lebih baik daripada sebelum dilakukan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A RA Assyafiyah Jarak Kabupaten Kediri, yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan taha prefleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 54,55% telah memenuhi criteria ketuntasan belajar, kemudian pada siklus II hasil yang didapat meningkat menjadi 62,8%, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 86,35% telah memenuhi criteria ketuntasan belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kotak pos dalam pembelajaran terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A RA Assyafiyah Jarak Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.