MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN TELUR PECAH PADA ANAK KELOMPOK B TK THEOBROMA II KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

LILIK ELINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0191P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca anak kelompok B TK THEOBROMA II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri yang masih kurang, sehingga hasil belajar anak juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah tindakan permainan telur pecah dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK THEOBROMA II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri? “ Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK THEOBROMA II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri yang berjumlah 27 anak terdiri dari 15 anak laki-laki dan 12 anak perempuan yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkankan kemampuan membaca melalui permainan telur pecah Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan membaca anak meningkat, hal ini tampak pada anak yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 44,44 % yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 62,97% yang dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 81,48% yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan permainan telur pecah dapat meningkatkankan kemampuan membaca anak kelompok B TK THEOBROMA II Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Ini menunjukkan hipotesis tindakan diterima. Berdasarkan latar belakang masalah dan kesimpulan disampaikan saran-saran sebagai berikut : Bagi Guru TK, kegiatan permainan telur pecah dapat dijadikan pilihan tindakan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Bagi Kepala Sekolah TK, untuk kasus yang sama diharapkan kepala sekolah memfasilitasi guru dalam melakukan tindakan permainan telur pecah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI