Menanamkan Nilai Agama dan Moral Melalui Kegiatan Praktek Sholat dengan Media Dadu Bergambar pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri


Author (Penulis)

KHOIRUN NIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0190

Abstract

Belum berkembangnya kemampuan anak untuk menghafal dan meniru gerakan serta bacaan sholat anak kelompok A TK Dharma Wanita Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu proses pembelajaran di kelas yang belum berjalan secara optimal, kurangnya stimulasi yang diberikan pendidik dan orang tua pada anak, pendidik kurang kreatif dalam menyampaikan pembelajaran, minat anak untuk belajar sholat masih lemah, media yang digunakan kurang menarik minat dan konsentrasi anak sehingga mempengaruhi kemampuan belajar anak. Untuk mengkaji serta memecahkan masalah tersebut dapat dilakukan berdasarkan faktor – faktor tersebut. Namun, mengingat banyaknya keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti, maka upaya pengkajian dan pemecahan masalah hanya dilakukan berdasarkan faktor yang bersumber dari proses belajar dan pembelajaran yaitu melalui media dadu bergambar. Pemecahan masalah yang dapat dilakukan yaitu apakah menerapkan media dadu bergambar pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Desa NgrecoKecamatan Kandat Kabupaten Kediri mampu menanamkan nilai agama dan moral? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri dengan jumlah anak 15 anak. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, Lembar Observasi, Kegiatan Pembelajaran dan Lembar Penilaian Anak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari setiap siklus. Pada siklus I, rata-rata ketuntasan belajar anak mencapai 52,5%. Rata-rata ketuntasan belajar pada siklus II mencapai 65% dan pada siklus III meningkat menjadi 85,9%. Atau bisa dikatakan setiap siklus mengalami peningkatan ketuntasan belajar mencapai rata – rata 17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media dadu bergambar mampu menanamkan nilai agama dan moral pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Bagi Anak Didik, Metode ini mampu melatih anak untuk melaksanakan ibadah sholat sehingga menanamkan nilai agama dan moral. (2) Bagi Guru hendaknya menggunakan metode ini sebagai salah satu alternatif dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui kegiatan praktik sholat. (3) Bagi Kepala Sekolah, dapat digunakan sebagai salah satu pembinaan bagi guru dalam meningkatkan pretasi belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI