MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA NGRECO DESA NGRECO KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SITI ROMLAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0189

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak didik pada kelompok B di TK Dharma Wanita Ngreco Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Karena kurangnya konsentrasi anak pada saat di sekolah dan juga disebabkan pendekatan pembelajaran kurang menarik. Selain itu dalam memberikan materi komunikasi antara guru dan anak didik cenderung kurang hangat dan hanya terfokus pada terselesaikannya materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Ngreco Desa Ngreco Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri dengan jumlah 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RPPM, RPPH, Lembar Observasi, Kegiatan Pembelajaran dan Lembar Penilaian Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terjadi peningkatan hasil belajar dari setiap siklus. Prosentase ketuntasan belajar anak pada siklus I adalah 33,3%. Pada siklus II meningkat menjadi 44,4% dan padasiklus III mencapai 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media balok pintar dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Ngreco Desa Ngreco kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI