MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TRADISIONAL TONGGAK DINGIN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

MARIYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0187P

Abstract

Dalam menggerakkan tubuh haruslah tersusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan yang benar. Selain itu didalam kemampuan gerak dalam permainan tonggak dingin diperlukan kemampuan siswa untuk mengapresiasi gerakan dan merangsang anak untuk libih meningkatkan kemampuan motorik. Dalam hal ini gusu dituntut ketrampilan untuk memotifasi anak sehingga dapat merangsang anak untuk mengembangkan ide-idenya atau gagasan secara tepat. Rumusan masalah penelitian yaitu “ Apakah tindakan pembelajaran dengan menggunakan permainan tonggal dingin dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompo B TK Dharma Wanita Puncu Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan : (1) Memperoleh data atau nilai tentang kemampuan motorik anak didik. (2) Memperoleh data tentang pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan permainan tonggak dingin Untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, dan (3) Memperoleh data tentang kemampuan motorik anak didik.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ). Obyek tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 24 siswa dengan menyebut angka. Kerangka pembelajaran yang digunakan berupa Rencana Kegiatan Harian ( RKH ) dan LKS ( Lembar Kerja Siswa ). Sedangkan instrumen penelitianya adalah lembar observasi hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi . dalam penelitian ini kemampuan motorik mengalami peningkatan yang siknifikan antara permainan kartu angka dengan kemampuan motorik anak. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari hasil observasi pada kelompo B TK Dharma Wanita Puncu Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Maka dapat disimpulkan sabagai berikut : (1) Kemampuan guru dalam memperoleh pembelajaran secara keseluruhan dapat dikategorikan baik. Hanya saja dalam beberapa aspek perlu ditingkatkan lagi yaitu aspek dalam menyampaikan tujuan pembelajaran motorik anak dengan permainan tonggak dingin. (2) Kemampuan motorik anak dengan permainan tonggak dingin per aspek termasuk meningkat dalam setiap siklusnya yang dikategorikan baik sekali. Dari hasil analisis terbukti bahwa : (1) Pada siklus I Berhasil mencapai 45%. (2) Pada Siklus II Berhasil mencapai 60%. (3) Pada siklus III Berhasil mencapai 85 %.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI