MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI METODE BERMAIN DENGAN BENDA – BENDA TIRUAN PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK KLEPEK KECAMATAN KUNJANG KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015


Author (Penulis)

EGALIA WENDA MAYNENING
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0183P

Abstract

Dalam dunia pendidikan yang setara Taman Kanak – kanak merupakan tempat untuk bermain sambil belajar. Kemampuan berhitung pada anak – anak yang seusia ini sebagian besar masih belum tuntas. Hal ini disebabkan metode pembelajaran guru mayoritas masih menggunakan metode pemberian tugas dan anak tidak secara langsung terjun untuk menghitungnya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan dan peningkatan kemampuan berhitung melalui metode bermain benda – benda tiruan dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK PKK Klepek kecamatan Kunjang kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan di TK PKK Klepek kecamatan Kunjang kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015 kelompok B yang berjumlah 12 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pengumpulan data berupa observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, diketahui kemampuan berhitung anak yang ditunjukan oleh hasil evaluasi. Dengan menerapkan metode bermain dengan benda – benda tiruan, rata – rata kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan yaitu siklus I 30,33% dan siklus II 89 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, pembelajaran pada siklus I dikatakan belum maksimal karena anak belum terbiasa dengan metode bermain dengan benda – benda tiruan. Sedangkan siklus II menggunakan pembelajaran berhitung dengan benda – benda tiruan hasil belajar anak semakin meningkat karena anak lebih bisa konsentrasi dan teliti dengan tugas mereka. Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode dengan benda – benda tiruan dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK PKK Klepek kecamatan Kunjang kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Harapan peneliti semoga dengan pengalaman ini dapat bermanfaat baik untuk yang membutuhkan. Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Benda – benda tiruan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI