MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI METODE BERMAIN KREATIF DAN MENYENANGKAN PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-HUDA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SITI AISYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0179P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan pembelajaran kognitif khususnya mengenal konsep bilangan secara awal masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif terutama menghitung angka 1-10 dengan penggunaan metode bermain kreatif dan menyenangkan melalui balok angka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran melalui media dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal urutan angka 1-10 pada anak didik Kelompok A TK AL-HUDA Kota Kediri.” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik Kelompok A TK AL-HUDA Kota Kediri sejumlah 15 anak di Semester II Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian dilaksanakan dalam Tiga Siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar penilaian siswa, lembar observasi siswa, lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Ketuntasan Belajar anak pada Siklus 1 sebesar 33,33 % kemudian dilanjutkan pada Siklus II menjadi 73,33 %. Ketuntasan belajar anak tercapai pada Siklus III yaitu sebesar 93,33 %. Hasil observasi Anak berurutan dari Siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 42,86 %, 67,85 % dan meningkat menjadi 83,71 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan yang signifikan untuk metode bermain kreatif dan menyenangkan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini,saran yang dapat disampaikan adalah penggunaan metode bermain kreatif dan menyenangkan dapat dikembangkan lagi dengan menggunakan media selain balok angka sehingga dapat diketahui pengaruhnya kepada ketuntasan anak belajar mengenal konsep bilangan dan angka. Terkait dengan hasil penelitian ini saran lain kepada guru atau pendidik adalah agar terus dapat meningkatkan kualitas penggunaan metode bermain kreatif dan menyenangkan dengan tetap memperhatikan kualitas penggunaan metode dan cara bermain yang kreatif dan menyenangkan dalam setiap pembelajaran serta langkah-langkah yang telah ditentukan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI