MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA MORAL DALAM PEMBIASAAN SOPAN SANTUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KETAWANG 1 DESA KETAWANG KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015
Author (Penulis)
SRIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0177P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajarn pembiasaan sopan santun, beberapa anak di kelompok B TK Dharma
Wanita Ketawang 1 masih kurang baik. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pembiasaan sopan santun, secara khusus mengetahui seberapa besar meningkatkan kemampuan nilai agama moral dalam pembiasaan sopan santun melalui penggunaan metode bercerita dengan boneka jari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: apakah melalui bercerita dengan boneka jari dapat meningkatkan kemampuan nilai moral agama moral dalam pembiasaan sopan santunl pada anak kelompok BTK Dharma Wanita Ketawang 1Desa Ketawang Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014-2015
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Ketawang 1 Desa Ketawang Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014-2015, yang berjumlah 16 anak didik terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Data penelitian ini adalah data pengembangan pembiasaan moral anak didik, instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang telah ditetapkan, dan teknik analisis data yang digunakan adalah kwalitatif dengan mengolah data yang terkumpul melalui observasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: keaktifan anak dalam pengembangan nilai agama moral pada siklus I 44% , Siklus II meningkat menjadi 69%, dan siklus III 81% sudah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan hasil analisis data pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita dengan boneka jari dapat meningkatkan kemampuan nilai agama moral dalam pembiasaan sopan santun dalam proses kegiatan belajar mengajar di TK Dharma Wanita Ketawang 1 Desa Ketawang Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015.Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.