MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN METODE OBSERVASI LINGKUNGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VI KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
MARMIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0173P
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah kegiatan menggambar dengan metode observasi lingkungan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Kecamatan Pare Kabupaten Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal VI Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui metode observasi lingkungan.
Hasil penelitian ini adalah melalui kegiatan menggambar dengan metode observasi lingkungan dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak dalam menggambar dapat ditingkatkan melalui metode observasi lingkungan, hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan yang berkisar 80%. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci: Pengembangan motorik halus, kegiatan menggambar bebas, Metode Observasi lingkungan