MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SENI MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN MENGGUNAKAN TANGKAI DAUN PEPAYA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA SIDOMULYA I KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SITI FATONAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0166

Abstract

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SENI MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN MENGGUNAKAN TANGKAI DAUN PEPAYA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA SIDOMULYA I KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SITI FATONAH NPM: 13.1.01.11.0166 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Intan Prastihastari Wijaya, M.Pd.,M.Psi. dan Widi Wulansari, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan seni masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah kegiatan meronce dengan menggunakan tangkai daun pepaya dapat mengembangkan kemampuan seni pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulya I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri?” Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan seni pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulyo I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri sebelum dan sesudah dilakukan tindakan berupa kegiatan meronce. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulyo I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Instrumen penilaian menggunakan lembar observasi guru, dan lembar penilaian anak. Dokumentasi dan teknik penilaian menggunakan hasil karya. Hasil penelitian ini adalah 1) kemampuan seni pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulya I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri sebelum diadakan penelitian terdapat hasil bahwa sebesar 30% dari 20 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan dan 70% belum memenuhi kriteria ketuntasan. 2) Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, pada siklus 1 sebanyak 50% dari 20 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, dan yang belum tuntas sebanyak 50%. 3) pada siklus II mencapai 65% dan yang belum tuntas sebanyak 35%. 3) Pada siklus III yang mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 90%. 4) peningkatan kemampuan seni sebesar 60% dari tindakan pra siklus sampai siklus III, sehingga dapat dilihat adanya peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan meronce menggunakan tangkai daun pepaya dapat mengembangkan kemampuan seni pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Sidomulyo I Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Kemampuan Seni, Kegiatan Meronce, Tangkai Daun Pepaya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI