MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENGENAL URUTAN ANGKA 1-10 MELALUI BERMAIN MENCARI ANGKA DI BALOK PADA KELOMPOK A TK AL-HUDA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
SITI ANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0165P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan pembelajaran kognitif khususnya mengenal konsep bilangan secara awal masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari anak didik yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga menjadi menurun.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui media Balok Angka dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal urutan angka 1-10 pada anak didik Kelompok A TK AL-HUDA Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik Kelompok A TK AL-HUDA Kota Kediri sejumlah 16 anak. Penelitian dilaksanakan dalam Tiga Siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar penilaian siswa, lembar observasi siswa, lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : kesimpulan pada Pra Tindakan diperoleh hasil sebesar 25% . Ketuntasan Belajar anak pada Siklus 1 sebesar 31,25% kemudian dilanjutkan pada Siklus II menjadi 68,75%. Ketuntasan belajar anak tercapai pada Siklus III yaitu sebesar 93,75%.