MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENGENAL URUTAN ANGKA 1-10 MELALUI BERMAIN MENCARI ANGKA DI BALOK PADA KELOMPOK A TK AL-HUDA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

SITI ANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0165P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan pembelajaran kognitif khususnya mengenal konsep bilangan secara awal masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari anak didik yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga menjadi menurun. Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui media Balok Angka dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal urutan angka 1-10 pada anak didik Kelompok A TK AL-HUDA Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik Kelompok A TK AL-HUDA Kota Kediri sejumlah 16 anak. Penelitian dilaksanakan dalam Tiga Siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar penilaian siswa, lembar observasi siswa, lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : kesimpulan pada Pra Tindakan diperoleh hasil sebesar 25% . Ketuntasan Belajar anak pada Siklus 1 sebesar 31,25% kemudian dilanjutkan pada Siklus II menjadi 68,75%. Ketuntasan belajar anak tercapai pada Siklus III yaitu sebesar 93,75%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI