MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA MELALUI MEDIA SMART BOARD PADA KELOMPOK A TK AL-HUDA KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
SITI FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0161P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan pembelajaran bahasa khususnya membaca permulaan masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari anak didik yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui media Smart Board dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca anak didik Kelompok A TK AL-HUDA Kota Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik TK AL-HUDA Kota Kediri sejumlah 17 anak. Penelitian dilaksanakan dalam Tiga Siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar penilaian siswa, lembar observasi siswa, lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Kesimpulan Membaca Permulaan pada Siklus I (1) Kriteria Kurang Baik 23,53 %, (2) Kriteria Cukup 64,70 %, (3) Kriteria Baik 11,77 %, Kesimpulan pada Siklus II (1) Kriteria Kurang Baik 0 %, (2) Kriteria Cukup 23,53 %, (3) Kriteria Baik 76,47 %, Sedangkan pada Siklus III sudah ada peningkatan yaitu (1) Kriteria Kurang Baik 0 %, (2) Kelompok Cukup 17,65 %, (3) Kriteria Baik mencapai 82,35 %. Hasil Ketuntasan Belajar Mengajar dalam hal ini Ketuntasan pada Siklus I,Siklus II dan Siklus III berturut-turut adalah 41,18 %, 76,47 % dan mencapai ketuntasan pada 94,12 %.