MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI BERMAIN BATANG BERPASANG PADA KELOMPOK A TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VII KECAMATAN KOTA KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DYAH TRI FAIZUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0160
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan penilaian kelompok A TK ‘Aisyiyah VII Kecamatan Kota Kota Kediri tentang kemampuan sosial emosional anak yang belum sesuai dengan harapan guru. Dari 15 anak yang dinyatakan tuntas dalam pengembangan kemampuan sosial emosional hanya 20%.
Permasalahan peneliti ini adalah apakah bermain batang berpasang dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal VII Kecamatan Kota Kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal VII Kecamatan Kota Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM,RKH, Lembar observasi kegiatan pembelajaran.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan sosial emosional anak dapat meningkat setelah guru menggunakan bermain batang berpasang dalam kegitan pembelajaran. Meningkatnya kemampuan sosial emosional dapat bersumber dari proses belajar yang optimal dan menyenangkan dengan bermain batang berpasang.
Kata Kunci : Mengembangkan, Sosial emosional, Bermain, Batang berpasang.