MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN DEKLAMASI PADA ANAK KELOMPOK A SEMESTER I TK PERMATA PAGGORA KECAMATAN KOTA KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
SAMIYATI ARISTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0159P
Abstract
ABSTRAK
Anak usia 4-5 tahun sangat aktif dan energik, kemampuan yang diharapkan pada anak usia 4-5 tahun pada aspek perkembangan bahasa yaitu mampu mengembangkan vokal serta kemampuan bahasa ucapnya. Kenyataannya di TK Permata Paggora bidang pengembangan bahasa belum tercapai secara optimal ini dibuktikan dengan 9 dari 11 anak belum memenuhi kriteria ketuntasan dalam mengembangan berbicaranya. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan tindakan penelitian untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan deklamasi. Rencana tindakan yang akan dilakukan oleh peneliti adalah kegiatan pembelajaran dalam deklamasi dengan menggunakan pendekatan komunikatif.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kualitatif. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus setiap pertemuan dilakukan selama 60 menit. Metode penelitian ini menggunakan observasi untuk memperoleh data aktifitas anak dan tingkat capaian hasil peningkatan berbicara anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus 1 kemampuan berbicara anak mencapai 54% hal ini dikarenakan anak-anak jarang melakukan kegiatan deklamasi. Pada siklus 2 kemampuan anak berbicara menjadi 72% dan pada Siklus 3 kemampuan anak berbicara menjadi 90%. Hal penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa deklamasi dalam kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK Permata Paggora Kecamatan Kota Kota Kediri.
Berdasarkan hasil analisis data yang peneliti peroleh dari anak Kelompok A TK Permata Paggora Kecamatan Kota Kediri bahwa penerapan strategi pembelajaran bermain dengan menggunakan kegiatan deklamasi dapat meningkatkan perkembangan berbicara pada anak.