MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN 1 – 10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA HIMPUNAN GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK. KUSUMA MULIA REMBANGKEPUH DESA REMBANGKEPUH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RIRIN SULISTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0155P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan konsep bilangan anak yang masih kurang sehingga hasil belajar anak juga rendah. Permasalah peneliti ini adalah “Apakah penggunaan media himpunan gambar dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan konsep bilangan pada anak ?” Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitin anak kelompok A TK Kusuma Mulia Rembangkepuh, Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, dan dilaksanakan dalm 3 siklus, menggunakan instrumen berupa format penilaian Penugasan , observasi aktifitas anak, serta lembar observasi aktifitas guru. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan konsep bilangan melalui penggunaan media himpunan gambar. Dari hasil pengamatan dan analis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan konsep bilangan anak meningkat., hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan belajar pada siklklus I sebesar 53,33%, pada siklus II mencapai 66,67% dan pada siklus III mencapai 86,67%. Dengan demikian Hipotesis yang menyatakan tindakan pembelajaran melalui kegiatan konsep bilangan melalui penggunaan media himpunan gambar dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Kusuma Mulia Rembangkepuh Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Saran bagi guru hendaknya menggunakan media himpunan gambar dalam mengenalkan konsep bilangan sehingga proses pembelajaran akan lebih bermakna. Gegitu juga bagi para orang tua sebaiknya juga ikut membantu dalam usaha peningkatan kemampuan kognitif anak, terutama saat anak berada di rumah. Anak diajak mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media himpunan gambar atau media yang ada disekitar rumah. Orang tua haruslah bisa lebih mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan permainan yang bermanfaat untuk perkembangan anak selanjutnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI