MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B1 TK KUSUMA MULIA REMBANGKEPUH-NGADILUWIH KAB. KEDIRI


Author (Penulis)

NUR AYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0154P

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di TK Kusuma Mulia masih dominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut Nampak dari motivasi belajar anak didik yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah pembelajaran menggunakan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak kelompok B1 TK Kusuma Mulia Rembangkepuh Ngadiluwih Kab. Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian kelompok B1 TK Kusuma Mulia Rembangkepuh – Ngadiluwih – Kab. Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Menggunakan instrument berupa Lembar observasi siswa, lembar observasi guru, RKH, dan lembar penilaian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dalam siklus tindakan pembelajaran melalui media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak yang hasilnya dapat dilihat adanya peningkatan dalam kegiatan permulaan membaca. (2) Dalam siklus tindakan pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca melalui media kartu kata bergambar dan dapat memotivasi anak, sehingga hasil belajar semakin meningkat. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini. Bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak kelompok B1 TK Kusuma Mulia Rembangkepuh – Ngadiluwih – Kab. Kediri, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini,disarankan : (1) Bagi Guru diharapkan lebih inofativ dan kreatif dalam menggunakn media pembelajaran sehingga kemampuan anak dalam membaca dapat berkembang secara optimal. (2) Bagi Orangtua sebaiknya juga ikut membantu dalam usaha meningkatkan kemampuan permulaan membaca pada anak, dengan menggunakan media kartu lata bergambar terutama saat anak berada di rumah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI