Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Permainan Antri Membeli Tiket Kelas A TK Dharma Wanita Asmorobangun 111 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017
Author (Penulis)
LAILA HUMAIRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0141
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL
ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN
ANTRI MEMBELI TIKET
KELAS A TK DHARMA WANITA ASMOROBANGUN III
KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI
TAHUN AJARAN 2016/2017
LAILA HUMAIRO’
NPM. 13.1.01.11.0141
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Dema Yulianto, M. Psi. dan Epritha Kurniawati, M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
LAILA HUMAIRO’: “Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Antri Membeli Tiket Kelas A TK Dharma Wanita Asmorobangun III Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 PG PAUD Universitas Nusantara PGRI.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di TK Dharma Wanita Asmorobangun III Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri telah ditemukan masalah dalam proses kegiatan pembelajaran kurangnya kemampuan sosial emosional anak. Sebagian besar anak belum mampu mentaati tata tertib sekolah dan kurangnya kemandirian anak. Hal ini disebabkan pendidikan dilingkungan keluarga dan metode yang digunakan pendidikan kurang menarik dan kurang menyenangkan.
Perumusan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah penggunakan permainan antri membeli tiket dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak kelas A TK Dharma Wanita Asmorobangun III Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklusnya terdapat satu kali pertemuan dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa permainan antri membeli tiket pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Asmorobangun III Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Hasil tindakan siklus I prosentase ketuntasan belajar anak sebesar 40,74% selanjutnya pada siklus II sebesar 65,74% dan siklus III sebesar 80,5%.
Disarankan bagi pendidik agar bisa membuat permainan yang lebih menyenangkan agar proses pembelajaran bisa berjalan lancar can mencapai hasil yang optimal. Bagi kepala sekolah hendaknya menyediakan sarana, media dan dukungan agar mempermudah guru dalam berinovasi dalam pembelajaran supaya dikemudian hasi sekolah lebih maju dan berkembang, bagi orang tua hendaknya mendidik dan memahami perkembangan sosial emosional anak serta bagi peneliti agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan permainan dalam upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional.
Kata kunci : Sosial emosional, antri membeli tiket.