MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI MEDIA KERANJANG BUNGA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA ASMOROBANGUN 3 KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
BINTI NUR KHOLIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0140
Abstract
Berdasarkan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Asmorobangun 3 telah ditemukan masalah tentang kemampuan kognitif anak yang masih sangat rendah, sehingga kurang berminat dalam melakukan berhitung1-10, hal ini disebabkan karena media yang digunakan monoton dan tidak menarik.Dengan menggunakan Media keranjang bunga diharapkandapat meningkatkan kemampuan berhitung anak didik, sehingga dapat memberi motivasi kepada anak untuk dapat mengembangkan imajinasi dan kreatifitasnya.Dalam Penelitian ini Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok Kelompok B TK Dharma Wanita Asmorobangun 3 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri dengan jumlah 28 anak, terdiri dari dari 8 anak laki-laki dan 20 anak perempuan.. Penelitian ini dilakukan 3 siklus dengan prosedur umum meliputi tahapan 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi yang mengacu pada indikator yang diterapkan dan teknik analisis.Berdasarkan hasil pengamatan yang terdahulu prasebelum pelaksanan penelitian kemampuan berhitung anak berkembang hanya 34,8% saja. Dan setelah dilaksanakan nilai perkembangan anak dalam prosentase ketuntasan belajar adalah siklus I sebesar 41.074%, siklus II 62.5%, dan siklus III sebesar 83.92%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa tindakan guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Asmorobangun 3 Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri sudah mengalami peningkatan atau kemajuan dan penelitian dinyatakan berhasil.