MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA MANIPULATIF PIRING ANGKA PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA BRANGGAHAN KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
UMI NIHAYATUR ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0139P
Abstract
Abstrak
UMI NIHAYATUR ROHMAH : Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Manipulatif Piring Angka Pada Anak Didik Kelompok A TK Dharma Wanita Branggahan Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: konsep bilangan, media manipulatif, piring angka.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar mengajar di TK Dharma Wanita Branggahan dalam bidang pengembangan kognitif khususnya pada konsep bilangan masih banyak kesulitan. Kesulitan yang dialami anak ini disebabkan karena keterbatasan media pendukung yang ada. Selain itu metode yang dilakukan oleh guru kelas juga cenderung masih bersifat ceramah sehingga anak kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penerapan media manipulatif piring angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A TK Dharma Wanita Branggahan Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri?”
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Branggahan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi anak.
Dari hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan media manipulatif piring angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Branggahan meningkat. (2) Penerapan media manipulatif piring angka pada anak TK Dharma Wanita Branggahan menambah wawasan guru dalam memilih media yang tepat diterapkan di kelas dan disesuaikan dengan tujuan dari setiap pembelajaran yang diadakan.
Kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media manipulatif piring angka dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A TK Dharma Wanita Branggahan, untuk itu disarankan bagi guru-guru yang mempunyai permasalahan yang sama bisa menerapkan media manipulatif piring angka untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. (2) Hendaknya sekolah membantu menyediakan media manipulatif piring angka dan benda-benda untuk berhitung agar tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan belajar mengajar dapat terwujud.