MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SELOSARI II KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NURHIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0138

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti terkait dengan kemampuan motorik kasar di TK Dharma Wanita Selosari II yang masih rendah karena guru masih melakukan pembelajaran yang berpusat pada guru saja, mendominasi anak, tidak memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan gagasannya sendiri. Rumusan masalah penelitian, apakah permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Selosari II Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Selosari II Desa Selosari Kecamatan Kandat Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 15 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi aktifitas guru. Hasil penelitian ini adalah (1) ketuntasan pada siklus I mencapai 26,66% (4 anak), (2) siklus II mencapai 40% (6 anak), (3) siklus III mencapai 86,66% (13 anak). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tindakan melalui permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Selosari II Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI