MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN KELERENG PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA ASMOROBANGUN IV DESA ASMOROBANGUN KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


Author (Penulis)

NURUL CHASADAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0133P

Abstract

Penerapan pengembangan kemampuan motorik halus anak di kelompok B bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, dalam hal ini adalah kemampuan motorik halusnya. Pembelajaran motorik halus anak pada umumnya pembelajaran yang mengasyikkan bagi anak, sehingga melalui kegiatan ini seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara optimal. Kegiatan melukis dengan kelereng ini adalah kegiatan yang digemari oleh anak. Kegiatan ini akan melatih koordinasi motorik tangan dan mata anak. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan fisik motorik halus anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 33,33% yang dikategorikan kurang dan meningkat menjadi 60 % yang dikategorikan baik pada siklus II. Pada siklus III ketuntasan anak meningkat menjadi 86,67 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan melukis dengan kelereng dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Asmorobangun IV Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Saran kepada guru TK untuk mengembangkan kemampuan motorik halus, kegiatan yang telah dilakukan peneliti yaitu melukis dengan kelereng bisa dijadikan pilihan untuk kegiatan pembelajaran. Bagi Orangtua diharapkan orangtua mau menyediakan alat dan bahan untuk melukis dengan kelereng setelah di beri pelajaran dari sekolah. Sehingga anak-anak dapat mempraktekan kegiatan melukis dengan kelereng di rumah. Bagi Peneliti Berikutnya diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih dapat mengembangkan penelitian ini, baik dari segi pelaporan maupun media pembelajaran, dan lebih menvariasikan media yang dibuat terutama untuk kegiatan melukis dapat menggunakan media media yang lainnya. Sehingga dapat menghasilkan penelitian yang lebih sempurna dan dapat mengembangkan kemampuan mottorik halus dari anak khususnya anak usia 4-6 tahun.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI