MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP WAKTU MENGGUNAKAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TALES KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI KHOIRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0130P

Abstract

ABSTRAK SITI KHOIRIYAH : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Waktu Menggunakan Metode Bercerita Melalui Media Gambar pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Waktu, Metode Bercerita, Media Gambar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan Kognitif anak dalam mengenal konsep waktu, sehingga hasil belajar kognitif anak tidak sesuai dengan harapan atau tergolong dalam kategori kurang. Rumusan Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep waktu pada anak kelompok TK B Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri ? Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek anak kelompok B TK Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi aktivitas guru, Penilaian hasil tes anak. Hasil penelitian pada siklus I ditunjukkan dengan prosentase 30,3% maka kegiatan pembelajaran ini belum tuntas dan akan diadakan perbaikan pada siklus kedua, siklus II hasil penilaian keseluruhan ditunjukkan dengan prosentase 63,4% dan pada siklus II hasil penilaian keseluruhan ditunjukkan dengan prosentase 63,4%, dan pada siklus III hasil penilaian keseluruhan ditunjukkan dengan prosentase 88,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui metode bercerita melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep waktu pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015 sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep waktu pada anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Disarankan bagi guru Taman Kanak-kanak hendaknnya di dalam KBM pengembangan kemampuan kognitif khususnya dalam bidang mengenal konsep waktu menggunakan metode bercerita melalui media gambar atau dengan adanya media yang menarik perhatian anak. Anak didik akan merasa senang dan tidak bosan dalam proses belajar mengembangkan kemampuan kognitifnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI