MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI METODE PERMAINAN MELOMPAT BENTUK PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA PEHKULON KECAMATAN PAPAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AGUSTIN SUMARIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0128
Abstract
Berdasarkan hasil penilaian pada kegiatan meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A TK Dharma wanita Pehkulon masih belum maksimal, dari dari 15 peserta didik hanya 1 anak yang mendapatkan nilai ?4, anak dengan nilai ?3 sebanyak 5, sedangkan 5 mendapatkan nilai ?2 dan 4 anak mendapatkan nilai ?1. Masalah ini akan dipecahkan melalui metode permainan melompat bentuk geomteri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ini model Kemmis dan Taggart yang di dalam siklus atau putran terdiri atas empat komponen yang dilaksanakan secara bertahap. Keempat komponen tersebut adalah : (a) Perencanaan, (b) tindakan, (c) Observasi, dan (d) refleksi. Sedangkan subjek penelitianya adalah anak Kelompok A TK Dharma Wanita Pehkulon sejumlah 15 peserta didik. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan ketuntasan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Tindakan dinyatakan berhasil jika ketuntasan mencapai sekurang-kurangnya 75%. Hasil peneitian menunjukkan pada siklus pertama ketuntasan belajar anak pada siklus I mencapai 53% meningkat pada siklus 67% dan pada siklus III ketuntasan anak meningkat menjadi 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan melompat balok geometri dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak Kelompok A TKA Dharma Wanita Pehkulon Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.Adapun saran bagi pendidik TK umumnya agar menerapkan metode permainan melompat bentuk dalam upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri.