Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media rupin pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Seketi Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017
Author (Penulis)
TRI INDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0124
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kurangnya peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak, hal ini hal ini dapat dilihat dari pembelajaran masih didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan dan motivasi belajar anak yang rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK. Dharma Wanita Seketi Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen pembelajaran berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian unjuk kerja dan hasil Observasi Aktivitas Guru.
Hasil penelitian dikatakan berhasil karena indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah mencapai lebih dari 75%, kemampuan mengenal bentuk geometri anak pada saat pra tindakan mencapai ketuntasan belajar 25%, mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 40%, pada siklus II menjadi 60%, dan pada siklus III mencapai 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media Rupin dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B TK. Dharma Wanita Seketi Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017.