MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA POHON HITUNG PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA WONOREJO KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

MAU\'IDHOTUL KHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0123P

Abstract

Abstrak MAU’IDHOTUL KHASANAH: Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Pohon Hitung Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Kata Kunci : Kemampuan mengenal konsep bilangan, media pohon hitung Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan masih kurang dan peserta didik kurang berminat sehingga anak mudah menyerah dan merasa bosan terhadap pelajaran berhitung. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak didik adalah melalui media pohon hitung. Permasalahan penelitian ini yaitu: “Apakah melalui media pohon hitung dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014 / 2015?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelompok A-3 TK Kusuma Mulia Wonorejo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument pembelajaran berupa RKM, RKH, lembar penilaian unjuk kerja, dan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam penggunaan media pohon hitung untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak didik. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran media pohon hitung ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak didik dalam mengenal konsep bilangan 1-10. Hasil analisis data penelitian tentang nilai ketuntasan yang diperoleh dari hasil unjuk kerja pada anak didik kelompok A-3 TK Kusuma MuliaWonorejo dikemukakan bahwa pada siklus 1 berhasil mencapai rata-rata 56% (sekitar 4 anak), pada siklus II berhasil mencapai rata-rata 63% (9 anak), dan selanjutnya pada siklus III berhasil mencapai rata-rata 81% (14 anak). Hal ini berarti tindakan peneliti untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak di TK Kusuma Mulia Wonorejo menunjukkan hasil yang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tindakan pembelajaran melalui media pohon hitung dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Disarankan bagi para pendidik anak usia dini untuk lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI