MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN PERMAINAN WARNA TETESAN TINTA PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BEDUG KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SUPINATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0122P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motorik halus anak didik di TK Dharma Wanita Bedug masih dirasa kurang. Akibatnya anak menjadi gegabah dan kasar. Oleh karena itu muncul gagasan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan yang menarik yaitu permainan warna tetesan tinta. Subyek penelitian adalah siswa kelompok B1 TK Dharma Wanita Bedug Desa Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 13,34% dari siklus pertama ke siklus ke dua, dan 20 % dari siklus ke dua ke siklus yang ke tiga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan warna tetesan tinta dalam upaya mengembangkan kemampuan motorik halus siswa kelompok B 1 TK Dharma Wanita Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan warna tetesan tinta dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI