MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI METODE KOTAK AJAIB PADA ANAK PLAY GROUP DI TK KRISTEN PETRA KEDIRITAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RAHAYU RETNO WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0121P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan anak masih tergolong rendah, Anak kurang mampu mengenal konsep bilangan. Penyebab kesulitan dalam mengenal konsep bilangan tidak terlepas dari akibat penggunaan metode dan media yang di gunakan oleh guru. Metode mengajar guru dan penggunaan media yang kurang menarik bagi anak. Untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak peneliti mencoba meneerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain kotak ajaib. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan metode bermain kotak ajaib dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak play group TK Kristen Petra Kota Kediri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak didik play group TK Kristen Petra Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, Penilaian unjuk kerja anak, Lembar observaasi perkembangan kognitif anak, Lembar observasi aktivitas guru. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian iini adalah Siklus I : 44,44% yang di kategorikan kurang, dan Siklus II : 59,72% yang dikategorikan cukup, dan Siklus III : 91,66% yang dikategorikan berhasil. Kesimpuan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain kotak ajaib dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak play group TK Kristen Petra Kota Kediri. Berdasarkan simpulan dan hasil penelitian ini,disarankan : (1) Bagi guru TK hendaknya dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak menggunakan metode bermain kotak ajaib. Dengan demikian kemampuan mengenal konsep bilangan anak lebih berkembang. (2) Bagi orang tua hendaknya menyediakan fasilitas belajar yang menunjang kemampuan mengenal konsep bilangan anak seperti kotak bekas dan angka yang ada di kalender untuk ditempelkan pada kotak angka dan benda-benda yang ada di sekitar anak. Selain itu, orang tua hendaknya senantiasa membimbing dan memotivasi anak sesering mungkin. Dengan demikian anak lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar di rumah tidak hanya di sekolah saja.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI