MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI KEGIATAN BERMAIN DENGAN MEDIA BENDA-BENDA KONGKRIT PADA ANAK KELOMPOK A TK DIAN HATI KECAMATAN KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
HENI ERAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0120P
Abstract
ABSTRAK
HENI ERAWATI : Mengembangkan Kemampuan Berlari Cepat Melalui Permainan Lompat Tali Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi ketika dalam pembelajaran belum menggunakan metode dan media yang menarik dan hanya berlari saja. Akibatnya anak kurang tertarik dalam pembelajaran. Tujuan berlari cepat melalui permainan lompat tali adalah untuk mengetahui melalui permainan lompat tali dapat dapat memgembangkan kemampuan berlari cepat pada anakkelompok A TK Kusuma Mulia Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/ 2015. Permasalahan penelitian ini adalah melalui permainan lompat tali dapat mengembangkan kemampuan berlari cepat pada anak ?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan sampel anak kelompok A TK Kusuma Mulia Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri sejumlah 19 anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar penilaian kemampuan anak berlari cepat melalui permainan lompat tali, lembar observasi aktifitas anak, lembar observasi aktifitas guru.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan tindakan pembelajaran melalui permainan lompat tali dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan berlari cepat anak di TK Kusuma Mulia Tales Kecamaan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/ 2015.
Kata kunci : Kemampuan Berlari Cepat, Permainan, lompat tali.