MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA POHON HITUNG PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA I PAREKECAMATAN PARE TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
NURUL MITA CHOTUL CHOLIB
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0115P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses belajar megajar di TK Kusuma Mulia I Pare masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan didominasi oleh peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut Nampak dari motivasi belajar anak didik yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah pembelajaran menggunakan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia I Pare?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan subyek penelitian kelompok B TK Kusuma Mulia I Pare Kecamatan Pare. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa Lembar Observasi Siswa, Lembar Observasi guru, RKM, RKH, dan lembar Penilaian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dalam siklus tindakan pembelajaran melalui media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak yang hasilnya dapat dilihat adanya peningkatan dalam kegiatan berhitung. (2) Dalam siklus tindakan pembelajaran terbukti dapat memotivasi anak, sehingga hasil belajar lebih meningkat.