MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MEMBILANG ANGKA 1-20 MELALUI KEGIATAN PERMAINAN DAKON PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK PERMATA PAGGORA KECAMATAN KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
SITI CHOMARIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0114P
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan kognitif dalam memahami konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Permata Paggora kurang berhasil. Berdasarkan pengamatan hanya 2 anak yang mendapat bintang 3 («««). Sedangkan 10 anak mendapat bintang 2 (««). Hal ini disebabkan karena anak mengalami kesulitan ketika belajar memahami konsep bilangan dalam hal membilang angka 1-20
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan kognitif dalam membilang angka 1-20 dapat ditingkatkan melalui kegiatan permainan dakon pada anak kelompok B TK Permata Paggora Kecamatan Kota Kediri.
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Memperoleh data mengenai kemampuan kognitif anak kelompok B TK Permata Paggora Kecamatan Kota Kediri sebelum diadakan penelitian, 2). Memperoleh data mengenai kemampuan kognitif anak kelompok B TK Permata Paggora Kecamatan Kota Kediri ketika diadakan penelitian., 3). Memperoleh data mengenai kemampuan kognitif anak kelompok B TK Permata Paggora Kecamatan Kota Kediri setelah diadakan penelitian., 4). Membandingkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Permata Paggora Kecamatan Kota Kediri sebelum dan sesudah diadakan penelitian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelas B TK. Permata Paggora Kecamatan Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Menggunakan instrumen berupa Lembar Observasi Siswa, Lembar Observasi Guru, RKH dan Lembar Penilaian.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan bahwa kemampuan kognitif dalam membilang angka 1-20 dapat ditingkatkan melalui kegiatan permainan dakon pada anak kelompok B TK Permata Paggora Kecamatan Kota Kediri