MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI KARET PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL-HUDA GABRU DESA KEPUHREJO KECAMATAN GAMPENGREJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SITI MUYASAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0111P

Abstract

ABSTRAK Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan motorik dan fisik. Motorik merupakan semua gerakan yang dapat dilakukan oleh seluruh tubuh, perkembangan motorik sebagai pengembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Di RA Al-Huda Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo pada Kelompok A, telah mengembangkan kemampuan fisik motorik anak, namun hasilnya belum sesuai harapan, untuk itu penulis mengambil judul penelitian “Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Permainan Lompat Tali Karet Pada Anak Kelompok A Di RA Al-Huda Gabru Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri”. Adapun tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui melalui permainan lompat tali karet dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak kelompok A di RA Al-Huda Gabru Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Permainan lompat tali karet merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang memerlukan persiapan dan perencanaan karena membutuhkan alokasi waktu yang lama dan tempat yang luas agar tujuan kegiatan pembelajaran tercapai dengan sempurna. Obyek dan Media pembelajaran harus menarik agar minat anak untuk belajar dapat efektif dan bisa beraktifitas fisik dengan gembira. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas, yang menjadi karakteristik salah satunya adalah penelitian dilakukan secara siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah Unjuk Kerja Anak. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah hasil penilaian dikolaborasi dengan hasil penilaian unjuk kerja anak yang dilakukan teman sejawat yang disebut kolaborator. Hasil yang diperoleh dari Siklus I bahwa kemampuan fisik motorik kasar anak dalam permainan lompat tali karet mencapai skor 40 % dan meningkat 60 % pada Siklus II dan meningkat lagi menjadi 100 % pada tindakan Siklus III. Kesimpulannya adalah bahwa pada Siklus I dan Siklus II ketuntasan belajar anak masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 %, namun pada tindakan Siklus III hasil yang dicapai meningkat 100 %. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah permainan lompat tali karet dapat dibuktikan kebenarannya dapat mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok A di RA Al-Huda Gabru Desa Kepuhrejo Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI