MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN PANTOMIM PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TUNAS MUDA DESA NGLETIH KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN2014/2015


Author (Penulis)

IHDA TASHLIHATUL ULUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0108P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa anak kelompok B TK Dharma Wanita Tunas Muda Desa Ngletih Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri, bahwa dalam pengembangan aspek motorik kasar masih lemah terutama dalam mengekspresikan diri dalam gerakan bervariasi dengan lentur dan lincah. Maka dari itu diadakan kegiatan Pantomim yang dapat menarik dan dapat mengatasi masalah tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tunas Muda Desa Ngletih Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri yang jumlah muridnya 15 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Adapun metode pengumpulan data adalah dengan Unjuk Kerja. Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa anak belum tuntas sebanyak 8 anak dengan presentasi 40,6% sedangkan yang mengalami tuntas belajar sebanyak 7 anak dengan prosentasi 59,4%. Pada Siklus II menunjukkan bahwa anak yang belum tuntas sebanyak sebanyak 6 anak dengan prosentasi 32,2% sedang yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 9 anak dengan prosentase 67,8%. Pada Siklus III menunjukkan bahwa anak yang belum tuntas sebanyak 2 anak dengan prosentase 16,6% sedang yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 13 anak dengan prosentase 83,4%. Nilai dari Siklus III ini sudah menunjukkan kriteria ketuntasan sesuai yang diharapkan, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Pantomim dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Tunas Muda Desa Ngletih Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Disarankan bagi guru Taman Kanak-Kanak hendaknya di dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kegiatan Pantomim dapat dikembangkan untuk merangsang aspek motorik kasar anak. Selain itu guru juga dapat meningkatkan motorik kasar anak melalui kegiatan fisik lainnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI