MEDIA BIJI SALAK PADA ANAK KELOMPOK B TK PERWANIDA MAN 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SUTRISNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.11.0107
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemampuan penjumlahan melalui media biji salak pada anak, hal ini dapat dilihat dari kondisi proses pembelajaran yang kurang aktif, sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan efisien.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui media biji salak dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak kelompok B TK Perwanida MAN 3 Kota Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Perwanida MAN 3 Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan lembar penilaian penugasan anak dan lembar observasi aktifitas guru.
Hasil penilaian penugasan anak pada kemampuan penjumlahan melalui media biji salak dari setiap aspek yang diamati pada siklus I dengan prosentase 58,5%, pada siklus II dengan prosentase 67,5%, dan siklus III dengan prosentase 79%. Dan dapat dinyatakan bahwa kemampuan penjumlahan melalui media biji salak pada anak kelompok B TK Perwanida MAN 3 Kota Kediri sudah berhasil.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tindakan pembelajaran melalui penggunaan media biji salak dapat dibuktikan kebenarannya untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak kelompok B TK Perwanida MAN 3 Kota Kediri.
Kata kunci : kemampuan, penjumlahan, biji salak