MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN MERANGKAI KARTU HURUF PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DOKO DESA DOKO KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DIAN RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.11.0106P

Abstract

ABSTRAK Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan kemampuan membaca untuk anak sejak dini agar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan selanjutnya dan demi mengembangkan kemampuan berbahasa anak pada umumnya. Permasalahan yang terjadi di kelompok B TK Dharma Wanita Doko Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015 adalah kurangnya kemampuan anak dalam membaca ditunukkan dengan kurangnya anak dalam mengenali huruf/kata, membunyikan huruf/kata dan memahami makna kata. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan merangkai kartu hurufpada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Doko Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Doko Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 anak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tiga siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yakni Perencanaan, pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan merangkai kartu huruf pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Doko Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014-2015 pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase pada siklus I 52,3% anak dalam kategori baik,kemudian siklus II naik menjadi 60,3%, lalu diadakan penyempurnaan kembali pada siklus III naik menjadi 85%. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan melalui permainan merangkai kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Saran dari hasil penelitian ini adalah hendaknya para pendidik anak usia dini menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan kepada anak untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI